Mobil Prototipe Ferrari Enzo

8 Comments
Headline
Ferrari Enzo adalah mobil yang dirancang setelah Ferrari berhasil memenangkan kejuaraan dunia formula satu untuk keempat kalinya dan dinyatakan sebagai mobil jalanan (road car) tercepat yang pernah dibuat.

Selain dibuat untuk merayakan prestasi Ferrari di ajang balap formula satu, mobil ini juga dibuat untuk mengenang pendiri pabrik otomotif yang berbasis di Italia itu. Ferrari Enzo dapat dipacu hingga kecepatan lebih dari 350 km per jam, membuat mobil berkapasitas dua orang ini benar-benar tangguh di jalanan.

Desain bodinya yang sporty ditambah dengan penggunaan teknologi formula satu kian menguatkan pandangan bahwa merk Ferrari merupakan jawaban bagi mereka yang mencintai kemewahan dan kecepatan sekaligus.

"Ajang formula satu sebelumnya belum pernah membuat perusahaan kami melakukan penelitian khusus untuk merancang sebuah mobil," kata Presiden Ferrari Luca di Montezemolo seperti dikutip www.rsportscars. com.

"Untuk menggabungkan kesuksesan kami di track dengan teknologi mobil jalanan, maka saya memutuskan untuk merancang sebuah mobil yang dipersembahkan bagi pendiri perusahaan kami, yang selalu menganggap bahwa racing car tidak dapat dipadukan dengan road car. Jadi, dengan bangga model baru ini kami beri nama Ferrari Enzo," klaimnya.

Mobil Ferrari pertama dibuat pada 1947, sebuah jenis racing car yang menggunakan mesin 12 silinder. Kini, 57 tahun kemudian, Ferrari Enzo muncul dengan kekuatan mesin dan desain yang sama sekali berbeda, namun masih dengan filosofi yang sama, sebuah mobil dengan teknologi terkini dilengkapi dengan standar keamanan tinggi untuk memberikan kenyamanan maksimum bagi pengemudi.

Sebelumnya, desain-desain Ferrari buatan Pininfarina tidak pernah begitu detil memperhatikan bentuk luar mobil. Namun dalam rancangannya kali ini, Ferrari benar-benar memperhatikan detail eksterior dan interior supaya sempurna dan sesuai dengan kekuatan mesin V12 yang dipakai oleh Ferrari Enzo.

Bagian hidung Ferrari Enzo benar-benar terinspirasi dari mobil-mobil formula satu, bahkan seluruh lekukan pada desain luar mobil ini begitu mempertimbangkan efek aerodinamis akibat tekanan udara luar. Maksudnya tentu saja supaya tekanan luar yang dapat mengurangi laju mobil saat dipacu menjadi semakin kecil.

Desain bodinya yang dibuat sedemikian rupa membuat sayap belakang yang biasa tampak pada supercars menjadi tidak diperlukan lagi. Keseimbangan aerodinamis yang dihasilkan mobil ini diatur dengan sebuah perangkat otomatis yang ada dalam mesin.

Untuk menghasilkan handling yang mantap, seluruh casis terbuat dari bahan berserat karbon yang ringan namun kuat. Seluruh panel instrumen dalam Ferrari Enzo juga terbuat dari bahan-bahan pilihan, menjadikannya sebagai mobil ringan, cepat, dan mewah. Seluruh fitur yang dipakai dalam mobil ini juga telah melewati standar keamanan yang diperbolehkan oleh badan pengawas kendaraan.

Ferrari Enzo disokong oleh mesin generasi baru ultra light, 6,0 liter V12 yang mempunyai sejumlah kelebihan unik. Mesin ini menghasilkan daya amat besar, yaitu 660 tenaga kuda pada 7.800 rpm dan torsi 484 lb-ft pada 5.500 rpm. Untuk menjamin agar respon mesin tetap prima, maka teknologi drive by wire pun digunakan.

Seperti halnya mobil-mobil F1, transmisi enam kecepatan yang ada pada mobil ini menghasilkan pergantian gigi yang sangat lembut dan tanpa guncangan. Perpindahan gigi dilakukan lewat tombol yang ada pada roda kemudi, yang secara otomatis juga langsung mengaktifkan sistem electrohydraulic untuk kedinamisan laju mobil.

Ferrari Enzo adalah mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan sistem kendali elektronik lengkap mulai dari mesin, gearbox, suspensi, anti-lock brakes, kontrol traksi dan aerodynamics.

Keenam subsistem ini saling berhubungan satu sama lain dalam memberikan informasi penting bagi pengemudi. Tidak itu saja, sistem kendali elektronik ini juga membuat performa keseluruhan yang ditawarkan Ferrari Enzo tidak dapat ditandingi mobil lain.

Seluruh sistem yang ada pada mobil ini dikembangkan oleh Ferrari Gestione Sportiva, dan akan bekerja sesuai dengan model yang dipilih pengemudinya. Misalnya saat perpindahan transmisi, subsistem gearbox akan mendapat prioritas utama melebihi subsistem lainnya, mengatur mesin dan suspensi sehingga menghasilkan kecepatan maksimal dengan perpindahan gigi yang halus dan tanpa guncangan.

Kehebatan Ferrari Enzo juga dibuktikan dengan akselerasi yang dapat dilakukannya. Kecepatan 0 ke 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam hitungan 3,4 detik. 

8 komentar:

  1. follow sukses,, kalau berkenan follow back yah???
    #sukses follower ke3,, Admin Ritricks

    http://ritricks.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah mobil ya keren juga (punya itu cewek2 pada nempel tuh) kwokwokwokwo

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Arief:hahahahaha..harganya jga keren sob
      thanks dah mampir :D

      Hapus
  3. Mantep neh mbil,msih langka di Indo, ane sllu dkung ferrari di F1, cm skrang lgi nurun neh,, hehe
    www.yyudi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @yudi:smua mobil ferrari emang mantep bgt ..
      thanks dah mampir sob :D

      Hapus
  4. wah keren bener ya.. klo misal dipakai di jlanan jkrta pnuh pdat, psti isa trlwati tuh... hhha

    BalasHapus
    Balasan
    1. @akhatam:klo di pake di jakarta ga akan bisa jalan tu mobil..macet trussss
      thanks sob dah mampir :D

      Hapus